Budaya Konsumerisme lewat Big Sale 11.11 Event
November 10, 2018
Pada tanggal 11 November, hampir mayoritas tempat belanja online menawarkan diskon besar-besaran beserta event lain yang memanjakan konsumerisme pelanggan. Akan tetapi mengapa memilih tanggal ini?
Perayaan pada tanggal 11 November atau disebut dengan Single's Day diawali di Cina sejak tahun 1990. Single's Day merupakan anti valentine day yaitu perayaan bagi mereka yang memilih sendiri atau tidak punya pasangan. Perayaan Single's Day ini kemudian dimanfaatkan oleh pemilik retail online terbesar, Alibaba, Jack Ma untuk menjadikan tanggal 11 November sebagai hari belanja terbesar dengan promo dan diskon besar-besaran. Event belanja besar-besaran ini kemudian dikenal dengan 11.11 event. Dimulai dari Alibaba, event ini kemudian diikuti oleh platform online shop lainnya. Bahkan, big sale 11.11 mengalahkan Black Friday event sebagai hari online shop terbesar di dunia.
Keberadaan event 11.11 telah memberi keuntungan yang besar bagi retail online shop. Lazada pada tahun 2017 mencatat dalam 1 hari, lebih dari 6,5 juta barang dipesan oleh konsumen di seluruh Asia Tenggara. Keuntungan dari Lazada Group yang beroperasi di 6 negara Asia Tenggara ini berhasil memperoleh Gross Merchandise Value (GMV) lebih dari Rp 1.6 triliun. Nilai GMV tersebut hampir 7 kali lipat bila dibandingkan dengan hari biasa. Dapat dilihat bahwa budaya konsumerisme sangat terfasilitasi dengan event ini.
Berdasarkan penelitian LIPI (2017), Indonesia sendiri dengan budaya konsumerismenya menduduki peringkat ketiga dari 106 negara di dunia. Budaya ini merupakan masalah bagi Indonesia karena konsumerisme membuat masyarakat kerap belanja dan meminjam uang secara online demi keinginan semata, bukan karena kebutuhan. Hal tersebut pernah disampaikan oleh Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Rhenald Kasali. Kehidupan masyarakat yang konsumtif akan diwarnai oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak mendidik. Sifat boros, rakus, dan sia-sia akan menjadi poros hidup. Skala prioritas pun akan menjadi berantakan. Kehidupan semacam ini perlu diubah. Konsumerisme harusnya dijauhkan sebagai gaya hidup.
sumber:
What is China's Singles Day and how does it compare to Black Friday?
What is China's Singles' Day?
Wow! Segini Nilai Penjualan Lazada di Moment 11.11
Masalah Utama Masyarakat adalah Konsumerisme
sumber:
What is China's Singles Day and how does it compare to Black Friday?
What is China's Singles' Day?
Wow! Segini Nilai Penjualan Lazada di Moment 11.11
Masalah Utama Masyarakat adalah Konsumerisme
0 comments